Search This Blog

Wednesday, September 27, 2017

4 Cara Ampuh Mengatasi Tidak Percaya Diri pada siswa menurut Para Ahli

Cara Mengatasi Tidak Percaya Diri
Penelitian Bednar, dkk (1995) dan penelitian Harter (2006) mengungkapkan beberapa strategi yang dapat dipakai untuk meningkatkan rasa percaya diri pada siswa adalah sebagai  berikut:
1.      Mengidentifikasi penyebab kurangnya rasa percaya diri.
 Dengan mengetahui penyebab kurangnya rasa percaya diri pada siswa, guru dapat memberikan perlakuan yang tepat untuk siswa tersebut. Biasanya siswa akan memiliki rasa percaya diri ketika mereka dalam situasi yang membuat mereka merasa penting. Maka, guru harus menemukan hal yang membuat siswa merasa bernilai.
2.      Memberikan dukungan emosional.
Hampir setiap kelas memiliki siswa yang pernah menerima penilaian negatif. Siswa ini mungkin berasal dari keluarga yang kasar dan suka merendahkan mereka, atau mungkin  berasal dari kelas sebelumnya yang pernah memberikan penilaian negatif terhadap diri mereka. Jadi, dukungan emosional sangat penting untuk membuat siswa kembali mendapat rasa percaya dirinya.
3.      Membantu siswa berprestasi.
Prestasi dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. Tidak cukup hanya memberitahukan  bahwa mereka bisa mencapai suatu prestasi, tapi guru harus membantu mereka mengembangkan kemampuannya, memastikan bahwa prestasi benar-benar dapat dicapai.
4.      Membantu mengembangkan keterampilan mengatasi masalah.

Ketika anak bisa mengatasi masalahnya sendiri secara realistis, jujur, dan tidak menutup diri, maka anak bisa mendapatkan lagi kepercayaan dirinya.

No comments:

Post a Comment