Cara
Mengatasi Tidak Percaya Diri
Penelitian
Bednar, dkk (1995) dan penelitian Harter (2006) mengungkapkan beberapa strategi
yang dapat dipakai untuk meningkatkan rasa percaya diri pada siswa adalah
sebagai berikut:
1. Mengidentifikasi penyebab kurangnya rasa
percaya diri.
Dengan mengetahui penyebab kurangnya rasa
percaya diri pada siswa, guru dapat memberikan perlakuan yang tepat untuk siswa
tersebut. Biasanya siswa akan memiliki rasa percaya diri ketika mereka dalam
situasi yang membuat mereka merasa penting. Maka, guru harus menemukan hal yang
membuat siswa merasa bernilai.
2. Memberikan dukungan emosional.
Hampir
setiap kelas memiliki siswa yang pernah menerima penilaian negatif. Siswa ini
mungkin berasal dari keluarga yang kasar dan suka merendahkan mereka, atau
mungkin berasal dari kelas sebelumnya
yang pernah memberikan penilaian negatif terhadap diri mereka. Jadi, dukungan
emosional sangat penting untuk membuat siswa kembali mendapat rasa percaya dirinya.
3. Membantu siswa berprestasi.
Prestasi
dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. Tidak cukup hanya
memberitahukan bahwa mereka bisa
mencapai suatu prestasi, tapi guru harus membantu mereka mengembangkan
kemampuannya, memastikan bahwa prestasi benar-benar dapat dicapai.
4. Membantu mengembangkan keterampilan
mengatasi masalah.
Ketika
anak bisa mengatasi masalahnya sendiri secara realistis, jujur, dan tidak
menutup diri, maka anak bisa mendapatkan lagi kepercayaan dirinya.
No comments:
Post a Comment