Search This Blog

Wednesday, May 25, 2016

GEOGRAFI INDUSTRI

NAMA           : ALAN ILSANDI
NIM                : F1241141004
PRODI           : PENDIDIKAN GEOGRAFI
MAKUL        : GEOGRAFI INDUSTRI
TUGAS          : ARTIKEL

Plus Minus Kawasan Industri Di Indonesia

Dampak Positif Kawasan Industri
Pembangunan kawasan industri yang mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan daerah tersebut menjadi maju dan mengalami kemajuan secara ekonomi. Inilah dampak positif pembangunan kawasan industri :
1.      Terbukanya Lapangan Kerja
Sudah pasti pembangunan kawasan industri akan membuka ribuan kesempatan kerja bagimasyarakat sekitar. Disini berbagai jenis industri akan memerlukan tenaga kerja untuk menjalankan produksi barang-barang yang dibuat pabrik.
2.      Tumbuhnya Berbagai Peluang Usaha Baru
 Seiring tumbuhnya industri di kawasan industri tersebut maka akan terbuka beberapa peluangusaha lainnya baik yang terkait langsung maupun yang tidak terkait langsung dengan industritersebut. Beberapa peluang usaha yang akan tumbuh diantaranya, yaitu jasa perbankan, jasa perdagangan, perumahan, makanan, dan lain-lain.


3.      Peningkatan Ekspor
Berbagai hasil produksi dari pabrik-pabrik yang ada di kawasan industri ada yang berorientasiekspor dan ada yang khusus memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Adanyabarang-baranghasil produksi berorientasi ekspor dapat meningkatkan ekspor di daerah tersebut khususnya dan negara pada umumnya. Peningkatan ekspor berarti juga peningkatan pemasukan negara. 
4.      Meningkatkan Pendapatan Daerah
Pendapatan asli daerah akan meningkat seiring semakin tumbuhnya industri yang berada dikawasan industri tersebut. Pendapatan dapat berasal dari pajak industri dan berbagai usaha yangtumbuh seiring berkembangnya kawasan industri tersebut. Selain itu juga dengan adanya penambahan penduduk maka ada penambahan penerimaan pajak yaitu pajak penghasilan dari para pekerja.

5.      Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi
Pembangunan kawasan industri yang memberikan dampak positif diantaranya, yaitu terbukanyalapangan kerja dan peluang usaha baru, peningkatan pendapatan daerah, dan peningkatankonsumsi karena banyaknya pekerja yang datang dari sekitar wilayah dekat daerah yang adakawasan industri. Hal tersebut berakibat positif terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi didaerah tersebut.Pada akhirnya dampak positif dengan adanya kawasan industri dapat meningkatkankesejahteraan masyarakat sehingga akan mengurangi masyarakat miskin di daerah. Pemerintah juga diharapkan dapat menetapkan zona kawasan industri sesuai kebijakan industri nasional di berbagai daerah seluruh Indonesia untuk membuka pertumbuhan ekonomi baru sehiggga tidak hanya terpusat di Pulau Jawa.





Selain dampak positif juga terdapat dampak negative yang ditimbulkan oleh industri, diantaranya ;
1.      Sempitnya lahan
Pertumbuhan industri yang berada diindonesia setidaknya memiliki dampak baik dan buruk, dampak negatif yang ditimbulkan dari industry adalah sempitnya lahan, baik itu berupa lahan pertanian, lahan pemukiman, dan lain-lain. Ini juga berkaitan dengan penggunaan lahan di suatu wilayah. Lahan juga dapat mempengaruhi kehidupan manusia dan interaksi didalamnya.

2.      Pencemaran lingkungan
Dampak yang berikutnya adalah pencemaran lingkungan, karena industry juga memiliki dampak negative yang sangat membahayakan lingkungan sekitar, baik organisme maupun khalayak ramai, organisme misalnya, akibat dari limbah industry organisme air misalnya dapat tercemar akibat pembuangan limbah pabrik yang tidak memperhatikan analisis dampak lingkungan sebelumnya. Khalayak ramai misalnya, pembuuangan industry misalnya asap dapat merugikan manusia, karena asap dari industri juga merupakan polusi udara yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan bagi manusia.

Demikianlah dampak positif dan negative pertumbuhan industry di Indonesia yang dapat saya paparkan untuk memenuhi tugas dari Geografi Industri, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi pembaca. Sekian




No comments:

Post a Comment